Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR

ENDANG LESTARI (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018867PMT.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018867PMT.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018867PMT.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018867PMT.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018867PMT.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018867PMT.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018867PMT.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018867PMT.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018867PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018867PMT.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018867PMT.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah dosen dan guru validator serta siswa kelas IX yang diambil 7 siswa dari kelas IX.D untuk uji coba kelompok kecil dan 22 siswa dari kelas IX.C untuk uji coba kelompok besar. Objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kemampuan koneksi matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas modul yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan yaitu 84,45% dan praktikalitas modul yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan yaitu 83,85% serta kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan modul mendapat predikat tinggi dengan persentase rata-rata nilai hasil tes yaitu 80,11%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) ini telah valid dan praktis serta dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci: Modul, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 14 Jun 2019 07:47
Last Modified: 14 Jun 2019 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13873

Actions (login required)

View Item View Item