ENDANG LESTARI (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018867PMT.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018867PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018867PMT.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018867PMT.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018867PMT.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018867PMT.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018867PMT.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018867PMT.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018867PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018867PMT.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018867PMT.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah dosen dan guru validator serta siswa kelas IX yang diambil 7 siswa dari kelas IX.D untuk uji coba kelompok kecil dan 22 siswa dari kelas IX.C untuk uji coba kelompok besar. Objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kemampuan koneksi matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas modul yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan yaitu 84,45% dan praktikalitas modul yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan yaitu 83,85% serta kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan modul mendapat predikat tinggi dengan persentase rata-rata nilai hasil tes yaitu 80,11%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) ini telah valid dan praktis serta dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci: Modul, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 07:47 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 07:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13873 |
Actions (login required)
View Item |