ROSMILAWATI (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS III A SEKOLAH DASAR NEGERI 003 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018745PGMI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018745PGMI.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018745PGMI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018745PGMI.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018745PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018745PGMI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018745PGMI.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018745PGMI.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018745PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018745PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018745PGMI.pdf Download (456kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model Pembelajaran Take and Give di Kelas III A Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, siswa tidak berani mengajukan pertanyaan kepada guru, siswa tidak mencatat pelajaran yang diberikan, dan siswa juga tidak berani untuk mengeluarkan pendapat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelittian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Take and Give dan Aktivitas Belajar siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, Analisis data, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Model Take and Give dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 56%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 64,84 % dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 85,78 % dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, Model Take and Give dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas III A Sekolah Dasar Negeri 003 Koto Perambahan Kecamatan Kampa. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Take and Give, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:25 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13445 |
Actions (login required)
View Item |