SITI AISYAH (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018725PGMI.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018725PGMI.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018725PGMI.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018725PGMI.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018725PGMI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018725PGMI.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018725PGMI.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018725PGMI.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018725PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018725PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018725PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sehingga belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran role playing dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data bahwa penerapan strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 53,57% tergolong “kurang”. Setelah menerapkan strategi pembelajaran role playing pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 71.43% tergolong “baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 89,29% tergolong “amat baik”. Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi Role Playing, IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:33 |
Last Modified: | 27 May 2019 03:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13411 |
Actions (login required)
View Item |