RUSMIATI (2018) PENERAPAN STRATEGI PREDICTION GUIDE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 AL-FAJAR PEKANBARU KECAMATAN RUMBAI KELURAHAN MUARA FAJAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018636PGMI.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018636PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018636PGMI.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018636PGMI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018636PGMI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018636PGMI.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018636PGMI.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018636PGMI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018636PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018636PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018636PGMI.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Strategi Prediction Guide di Kelas V MIN 2 Pekanbaru Kecamatan Rumbai Kabupaten Muara Fajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya, siswa tidak serius dalam mengikuti pelajaran, siswa sering kali berbicara dan bermain didalam kelas dengan teman sebangkunya waktu pembelajran berlangsung dan siswa cenderung diam bila guru menanyakan tentang materi yang belum dipahami serta ada siswa yang tidak memperhatikan pertanyaan yang ditanyakan guru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi prediction guide dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa strategi prediction guide dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 46,87%. Kemudian setelah menerapkan strategi prediction guide pada siklus I yaitu 60,19%. Pada siklus II yaitu 81,62%. Dengan demikian bahwa strategi prediction guide dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Strategi Prediction Guide
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:15 |
Last Modified: | 22 May 2019 07:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13250 |
Actions (login required)
View Item |