HAZILAH (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018562PK.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018562PK.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018562PK.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018562PK.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018562PK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018562PK.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018562PK.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018562PK.pdf Download (658kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018562PK.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018562PK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018562PK.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik X Sains sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2017/2018 di kelas X Sains 2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan materi pokok stoikiometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Desain penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 21 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian atau essay dalam bentuk pretest dan posttest dan instrumen memperkuat data yaitu lembar observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E secara umum telah tercapai pada kategori baik. Indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik yang paling dominan baik kelompok tinggi, sedang, dan rendah yaitu pada indikator memberikan penjelasan sederhana dan indikator terendah yaitu membuat penjelasan lanjut. Hasil wawancara peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik merasa tertarik dengan model pembelajara Learning Cycle 5E. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis, Stoikiometri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 06:52 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 08:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13095 |
Actions (login required)
View Item |