DESI MARDALENI (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWASEKOLAH MENENGAH PERTAMA PERAWANG SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018556PMT.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018556PMT.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018556PMT.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018556PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018556PMT.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018556PMT.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018556PMT.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018556PMT.pdf Download (817kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018556PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018556PMT.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018556PMT.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran scaffolding dengan siswa yang mengikuti strategi yang diterapkan oleh guru berdasarkan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang Perawang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent PosttestOnly Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tualang Perawang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik A Cluster Random Sampling, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang berikan strategi pembelajaran scaffolding, dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol yang diberikan strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan awal matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat sisimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran scaffolding dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran scaffolding dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Msatematika, Eksperimen, SMP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 06:29 |
Last Modified: | 06 May 2019 06:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13087 |
Actions (login required)
View Item |