SITI NURJANNAH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018549PMT.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018549PMT.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018549PMT.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018549PMT.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018549PMT.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018549PMT.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018549PMT.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018549PMT.pdf Download (741kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018549PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018549PMT.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018549PMT.pdf Download (476kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran induktif matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian kelas VII.3 sebagai kelas kontrol dan kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan teknik analisis data yaitu uji Anova Dua Arah. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova Dua Arah dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Fhitung = dan Ftabel = pada taraf signifikan 5%. Maka nilai Fhitung Ftabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran induktif matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung; 2) Fhitung = dan Ftabel = pada taraf signifikan 5%. Maka nilai Fhitung Ftabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh faktor model pembelajaran CTL terhadap kemampuan penalaran induktif matematis siswa.; 3) Fhitung = dan Ftabel = Maka nilai Fhitung Ftabel yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CTL ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran induktif matematis siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Penalaran Induktif Matematis, Kemampuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 06:08 |
Last Modified: | 06 May 2019 06:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13079 |
Actions (login required)
View Item |