NIRWANA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018415PMT.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018415PMT.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018415PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018415PMT.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018415PMT.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018415PMT.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018415PMT.pdf Download (957kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018415PMT.pdf Download (884kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018415PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018415PMT.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018415PMT.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ini akan berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa, karena kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah melalui penerapan model pembelajaran Pair Check, karena model ini memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan pasangannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kemampuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 36 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1)dan maka nilai artinya diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaankemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Pair Check dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan 2)dan =3,14, maka nilai yang berarti ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Pair Check dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Kata kunci : Model Pembelajaran Pair Check, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 04:27 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 04:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12846 |
Actions (login required)
View Item |