NURHIDAYAH HARAHAP (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PERMAINAN GELAS BILANGAN DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN KELURAHAN PEBATUAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018271PGMI.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018271PGMI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018271PGMI.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018271PGMI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018271PGMI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018271PGMI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018271PGMI.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018271PGMI.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018271PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018271PGMI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018271PGMI.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui Media Permainan Gelas Bilangan di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Kelurahan Pebatuan Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Kelurahan Pebatuan Kecamatan Tenayan Raya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II B. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Media Permainan Gelas bilangan dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa melalui Media Permainan Gelas Bilangan menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 35,71% dengan kategori “Kurang”. Pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 55.46% kategori “Kurang”. Pada siklus II ini hasil belajar siswa semakin meningkat menjadi 91.17% kategori “Amat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Media Permainan Gelas Bilangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Kelurahan Pebatuan Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Kata Kunci : Media Permainan Gelas Bilangan, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 05:46 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 05:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12603 |
Actions (login required)
View Item |