MUHAMMAD YUNUS (2018) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE SUGGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH NEGERI KUALA ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018206PBA.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018206PBA.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018206PBA.pdf Download (809kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018206PBA.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018206PBA.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018206PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018206PBA.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018206PBA.pdf Download (651kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018206PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018206PBA.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018206PBA.pdf Download (595kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode suggestopedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab, dengan melihat ada tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode suggestopedia efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir?”. Subjek penelitian adalah guru madrasah aliyah negeri kuala enok kabupaten Indragiri hilir, sedangkan objeknya adalah penerapan metode suggestopedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir Tahun Ajaran 2016/2017 dan sampelnya adalah siswa kelas 10 A dan 10 B. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi digunakan rumus: Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menerapkan metode suggestopedia dengan yang tidak menerapkan metode suggestopedia. Karena nilai To = 1,38 lebih kecil dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2, 423 dan taraf signifikansi 5% = 1,684. ini berarti bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode suggestopedia tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Suggestopedia, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 05:13 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 05:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12478 |
Actions (login required)
View Item |