Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK RAHN EMAS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PANAM DITINJAU MENURUT PEMASARAN SYARIAH

Maulana Firdaus (2015) KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK RAHN EMAS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PANAM DITINJAU MENURUT PEMASARAN SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB iii.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Adapunmasalah yang diteliti di latarbelakangioleh.Persainganperbankansyariah yang menuntutadanyakeunggulandalamberbagaibidangsalahsatu yang perlu di perhatikanpadabidangkomunikasipemasaran.Bank SyariahMandiriKantor CabangPembantuPanamdituntutuntukdapatsemaksimalmungkindalammengkomunikasi kanproduknyauntukmempengaruhinasabah agar melakukanpembelianpadaproduk- produknya.Salah satuproduk yang di tawarkanoleh Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamadalahprodukrahnemas (gadaiemas).DenganbiayapemasaransebesarRp 3.000.000/tahun, upayakomunikasipemasaran yang dilakukan Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdalammemasarkanprodukrahnemassepertimelaluibrosur, spanduk, mini eksbanner, dan lain-lain.Hal inidapatdilihatdariperkembanganjumlahnasabah yang menggunakanprodukinidaritahun 2011 sampaitahun 2013.Dari hasilperbandinganjumlahnasabahpenggunaprodukrahnemastersebutdapatdijadikansebag aiukuranresponpositifmasyarakatterhadapkehadiranprodukrahnemas. Penelitianinimengambillokasi di PT. Bank MandiriSyariahCabangPembantuPanam yang beralamatkan di jalan HR. Subrantas KM. 9,5. PekanbaruPenelitianiniditujukanuntukmengetahuiupayamembangunkomunikasipemasar anprodukrahnemas, hambatan-hambatandalamkomunikasipemasaranprodukrahnemas, sertauntukmengetahuikesesuaiankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdenganpemasaransyariah.Populasidalampenelitianiniterdiridari duakelompok (kelompokkaryawanbagianpemasarandankelompoknasabah).Adapunsampeldarikelomp okkaryawanyaitu 2 orang manajerpemasaranbagianpembiayaan, 1 orang asistenpemasaran, 1 orang officer gadai, 1 orang penaksirgadai. Sedangkansampeldarinasabahditetapkansebanyak 10%dari 750 nasabah.Hal inimerujukkepadapendapat Gay dalam Muhammad.2008 yang mengatakanmetodedeskriptif minimal 10% daripopulasi.Dengandemikianjumlahsampeldarinasabahsebanyak 75 orang.Teknikpengumpulan data dengancaraobservasi, wawancara, angketdandokumentasi. Analisis data dilakukandenganpendekatananalisisdeskriptifkualitatif.Dalamhalini, meliputimendeskripsikankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanam. Hasilpenelitian, menunjukkanbahwamembangunkomunikasipemasaranprodukrahnemasmenggunakanpe riklanandengan media brosur, mini eksbanner, spanduk.Sedangkanpenjualanperorangandilakukanolehcustomer servicedaneksekutive officer.Untukpromosipenjualandilakukandenganmemberikandiskon, dan souvenir kepadanasabahbarudannasabah priority-nya.Hubunganmasyarakat(public relation), dilakukandenganmengadakankegiatanamal, pameran,sertaseminar yang bekerjasamadengankantorperpajakan, danpolsektampan. Dari semuasaranakomunikasi yang ada, yang paling seringdilakukanolehBank SyariahMandiri Kantor CabangPembantumelaluiperiklanan, penjualanperorangan, danmelakukanpromosipenjualan. Hambatan-hambatan yang terjadipadasaatmelakukankomunikasipemasaranprodukrahnemasiniadalahhambatanpad atransmisipesan, hambatandalam proses decoding, danhambatanpadapenerimapesan. Komunikasipemasaranprodukrahnemas yang diterapkanjugatelahsesuaidenganpemasaransyariah. Kata kunci: KomunikasiPemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 30 Aug 2016 16:43
Last Modified: 30 Aug 2016 16:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item