Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI TOKOH-TOKOH YANG BERPERAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN KELAS V SDN 016 BALUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Milawati (2014) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI TOKOH-TOKOH YANG BERPERAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN KELAS V SDN 016 BALUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Tokoh-tokoh yang Berperan Mempertahankan Kemerdekaan siswa Kelas V SDN 016 Balung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA), rumusan masalah ini dilatar belakangi oleh kurang menariknya strategi yang sajikan oleh guru, kurangnya nilai hasil ulangan dan menggunakan waktu yang kurang tepat. dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi belajar aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA). Yang dilatar belakangi kurang menariknya guru dalam menyampaikan materi pelajaran, nilai belum mencapai KKM yaitu 70. dapat meningkatkan Hasil belajar IPS pada materi tokoh-tokoh yang Berperan Mempertahankan Kemerdekaan siswa Kelas V SDN 016 Balung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Sebagai subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) Mata pelajaran yang diteliti adalah Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Berhasilnya Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 15 orang Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa terbukti dari prosentasi keberhasilan sebelum penerapan strategi nilai rata-rata kelas 50% ketegori rendah, siklus I nilai rata-rata kelas 74% kategori baik, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 84% kategori baik. KKM yang telah ditetapkan yaitu 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 16:31
Last Modified: 11 May 2016 16:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item