Juli Hartono (2016) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP ETIKA PEMASARAN DALAM PEMASARAN PERUMAHAN VILLA AKASIA ASRI PEKANBARU OLEH PT. SALSABILA MULTI KARYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul : Tinjauan ekonomi Islam terhadap etika pemasaran dalam pemasaran perumahan villa akasia asri Pekanbaru oleh PT. Salsabila Multi Karya. Dalam pemasaran Islam ada berbagai etika yang harus dipenuhi. Dengan mematuhi etika pemasaran Islami, usaha seorang muslim akan maju dan berkembang pesat lantaran mendapat keberkahan dari Allah. Etika pemasaran Islam menjamin agar semua pihak yang terkait dalam pemasaran mendapat keuntungan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), yang berlokasi di perumahan Villa Akasia Asri yang dikembangkan oleh PT. Salsabila Multi Karya. Penelitian ini berlokasi di Jl. Hangtuah ujung RT 02 RW 09 Kel. Sail Kec. Tenayan Raya Pekanbaru dimana sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sumber data yang berkaitan dengan penelitian secara langsung yang meliputi dokumen-dokumen serta wawancara langsung kepada pihak perusahaan dan konsumen. Metode pengumpulan data adalah dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi sedangkan analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis kualitatif, dan deskriptif analisis. Yaitu Menganalisa data secara apa adanya dengan menggambarkan permasalahan berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa etika pemasaran pada pemasaran perumahan Villa Akasia Asri terdapat hal-hal yang belum sesuai dengan prinsip etika islami seperti: prinsip ketakwaan belum menjadi prinsip dasar dalam pemasarannya, konsumen sulit untuk melakukan complain kepada perusahaan. Progress perusahaan yang akan memulai pembangunan apabila ada 3 konsumen yang menyelesaikan kewajibannya namun tidak dijelaskan kepada konsumen, dan kondisi sumur bor yang sebenarnya telah sangat dalam namun belum mendapatkan air. Promosi yang dilakukan PT. Salsabila Multi Karya melalui 5 media yang menghubungkannya dengan calon konsumen, yaitu : komunikasi langsung (Personal selling), SMS berantai, broadcash message melalui BBM, memasang spanduk diarea perumahan dan melalui brosur. Dalam promosi yang dilakukan oleh PT. Salsabila Multi Karya terdapat hal yang disamarkan dalam hal DP (down payment) yang maksud sebenarnya adalah semua kewajiban konsumen sebelum terjadinya akad jual beli bukan hanya besaran DP (down payment) yang ditetapkan oleh pihak Bank, namun tidak dijelaskan kepada konsumen. Dalam hal demikian dapat dikatakan bertentangan dengan ekonomi Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Feb 2016 07:17 |
Last Modified: | 25 Feb 2016 07:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2724 |
Actions (login required)
View Item |