Netti Sumarni (2017) Pengaruh Interaksi Edukatif dan Pemanfaatan Fasilitas Sekolah Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017164PAI-S2COVER.pdf Download (261kB) |
|
Text
2. 2017164PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (292kB) |
|
Text
3. 2017164PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text
4. 2017164PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (280kB) |
|
Text
5. 2017164PAI-S2DAFTAR IS1.pdf Download (258kB) |
|
Text
6. 2017164PAI-S2BAB I.pdf Download (298kB) |
|
Text
7. 2017164PAI-S2BAB II.pdf Download (862kB) |
|
Text
8. 2017164PAI-S2BAB III.pdf Download (339kB) |
|
Text
9. 2017164PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
10. 2017164PAI-S2BAB V.pdf Download (257kB) |
|
Text
11. 2017164PAI-S2Daftar Pustaka.pdf Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Padahal interaksi edukatif dan pemanfaatan fasilitas sekolah berjalan dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini, adalah: (1) Apakah ada pengaruh yang siginifikan interaksi edukatif terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam?; (2)Apakah ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam?; dan (3)Apakah ada pengaruh yang signifikan interaksi edukatif dan pemanfaatan fasilitas sekolah secara bersamaan terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa SMAN se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru?. Jenis penelitian ini adalah fiel research yaitu penelitian lapangan untuk mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 1612 siswa dengan jumlah sampel 320 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Slovin dengan sistim proportional random sampling, yaitu penentuan sampel sesuai dengan proporsinya secara acak. Analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi linear berganda dibantu dengan program Statistic Package for Social Science (SPSS ) for Windows Release 20.0. Hasil penelitian adalah (1)Terdapat pengaruh yang signifikan interaksi edukatif terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa SMAN se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, hal ini didasarkan nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05; (2 )Terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan fasilitas sekolah terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa SMAN se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Hal ini didasarkan nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05; dan (3)Terdapat pengaruh yang signifikan interaksi edukatif dan pemanfaatan fasilitas sekolah secara bersama-sama terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa SMAN se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, hal ini dari Uji F ANOVA nilai F adalah 39,429 sedangkan besar signifikannya adalah 0,000. Maka signifikan ANOVA 0,000 < 0,05. Persamaan regresi Ŷ = 23,800 + 0,236 (X1) + 0,373 (X2 ), yang berarti nilai Konstanta sebesar 23,800; jika Interaksi Edukatif (X1 ) dan Pemanfaatan Fasilitas Sekolah (X2 ) nilainya adalah 0, maka Efektivitas Pembelajaran Siswa (Y) nilainya adalah 23,800. Semakin naik interaksi edukatif dan pemanfaatan fasilitas sekolah maka semakin meningkat efektivitas pembelajaran siswa. Sementara pengaruh variabel Interaksi Edukatif dan Pemanfaatan Fasilitas Sekolah terhadap variabel Efektivitas Pembelajaran Siswa hanya sebesar 19,9% (sangat rendah pengaruhnya ). Sedangkan sisanya sebesar 80.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 08:28 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 08:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25968 |
Actions (login required)
View Item |