PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMEROLEHAN KONSEP TEHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Endang Srihartati, (2016) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMEROLEHAN KONSEP TEHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan strategi pembelajaran pemerolehan konsep dalam meningkatkan pemahaman siswa dibandingkan metode konvensional pada materi pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain yang dignakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMAN 1 Pangkalan Kuras K dengan objek penelitian adalah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran pemerolehan konsep terhadap pemahaman siswa pada materi pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 179 orang yang terbagi dalam 4 lokal dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak dua lokal yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 43 dan 44 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test, observasi dan dokumentasi. Teknik analsis data terdiri dari uji normalitas data, uji homogenitas data, dan dilanjutkan dengan uj t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 5,252 > 2,000 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan signifikan pemahaman siswa yang menggunakan penerapan strategi pembelajaran pemerolehan konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa penggunaa strategi pembelajaran pemerolehan konsep dapat mempengaruhi pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di Kelas X di SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:48
Last Modified: 03 Feb 2016 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item View Item