HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMPN 7 BUKITTINGGI

Ridha Fauzia, - (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMPN 7 BUKITTINGGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.ABTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.KATA PENGANTAR.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB II.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Konsep diri adalah bagaimana cara seseorang mengenal, memahami dirinya atau kesadaran akan pandangan, pendapat, penilaian dan sikap seseorang terhadap dirinya atau bagaimana kita merasa tentang diri sendiri dan menginginkan diri menjadi manusia yang sebagaimana diharapkan. Siswa diharapkan memiliki konsep diri yang positif sehingga mampu memahami keadaan diri sendiri serta nilai norma dalam masyarakat. Selain itu siswa diharapkan memiliki perilaku prososial yang tinggi untuk mensejahterakan orang lain dan mengurangi beban dalam kesulitan. Hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti bahwa sebagian siswa mengatakan terkadang mereka memberikan pertolongan kepada teman dan juga siswa telah diajarkan dari kecil oleh budaya dan orang tua untuk melakukan perilaku prososial. Namun belum semua siswa yang menerapkan apa yang diajarkan oleh budayanya terutama di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku prososial pada siswa SMP N 7 Bukittinggi. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 236 siswa. Subjek diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala konsep diri dan skala perilaku prososial. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,549 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,001). Artinya, terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan perilaku prososial pada siswa SMP N 7 Bukittinggi. Oleh karena itu siswa diharapkan mampu mempertahankan perilaku prososial serta meningkatkan konsep diri yang positif. Kata kunci : Konsep Diri, Perilaku Prososial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Perilaku Prososial
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:30
Last Modified: 27 Sep 2019 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item