NURGABENA, 11216202590 (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu motivasi belajar (variabel bebas/independen/variabel X), minat belajar (variabel bebas/independen/variabel X), dan hasil belajar siswa (variabel terikat/dependen/variabel Y). permaslahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan secara parsial atau simultan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa Ilmu Pengetahuan Sosial pada mata pelajaran ekonomi di Kampus 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Ilmu Pengetahuan pada mata pelajaran ekonomi, sedangkan objeknya adalah pengaruh motivasi belajar dan minat belajar siswa Ilmu Pengetahuan pada mata pelajaran ekonomi di Kampus 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Ilmu Pengetahuan Kampus 2 Madrasah Aliyah Negeri 2 Model pekanbaru yang berjumlah 72 siswa, karena siswa tidak lebih dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu tiga variabel, variabel X (motivasi belajar), variabel X (minat belajar) bersifat ordinal maka data tersebut diubah menjadi data interval terlebih dahulu, dan variabel Y (hasil belajar). Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa secara parsial variabel X (motivasi belajar) berpengaruh positif terhadap hasil belajar sebesar 39,2%, variabel X (minat belajar) berpengaruh positif terhadap hasil belajar sebesar 38%. Sedangkan secara simultan variabel X (motivasi belajar) dan variabel X (minat belajar) berpengaruh terhadap variabel Y (hasil belajar) adalah 0,496 X 100% = 49,6%, dan selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana R SQuart 0,496, dengan dk = 69, lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% ini berarti Ha diterima Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 08:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 08:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20122 |
Actions (login required)
View Item |