Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN CREDIT CARD TERHADAP POLA KONSUMSI CARD HOLDER DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Konsumen Matahari, Mal Ciputra Seraya Kota Pekanbaru)

RISKA APRIANA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN CREDIT CARD TERHADAP POLA KONSUMSI CARD HOLDER DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada Konsumen Matahari, Mal Ciputra Seraya Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH PENGGUNAAN CREDIT CARD TERHADAP POLA KONSUMSI CARDHOLDER DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Konsumen Matahari, Mal Ciputra Seraya Kota Pekanbaru)”. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah penulis melihat adanya pengaruh dari kepemilikan dan penggunaan credit card terhadap pola konsumsi cardholder yang cenderung membuat cardholder lebih konsumtif dan menjadikan kartu kredit sebagai alat hutang ketika tidak mampu mengendalikan diri dari keinginan untuk berbelanja. Sedangkan dalam konsep ekonomi syariah, perilaku yang harus dipegang teguh dan dijalani sebagai muslim ialah berupa perilaku yang tidak boros dan tidak berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan kartu kredit terhadap pola konsumsi cardholder serta tinjauan Ekonomi Islam mengenai pengaruh penggunaan kartu kredit terhadap pola konsumsi dalam Islam. Penelitian ini dilakukan di Matahari, Mal Ciputra Seraya kota Pekanbaru jalan Riau No.58. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Adapun langkah-langkahnya dengan cara mengumpulkan data untuk di tabulasikan, selanjutnya dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan hipotesis kemudian diolah dengan bantuan software SPSS 21. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa penggunaan credit card tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pola konsumsi cardholder. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji t yaitu sebesar -0,459 sementara t tabel yaitu 2,024 untuk df 38 pada label signifikan 5% karena nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel (-0,459<2,024) maka ho diterima. Adapun nilai koefisien korelasi sebesar 0,074 sementara r tabel yaitu 0,312 dengan df 38 pada tingkat signifikan 5%, artinya ho diterima karena r hitung lebih kecil dari r tabel (0,074<0,312) dan tingkat hubungan antara variabel pengaruh penggunaan credit card (x) dengan pola konsumsi (y) sangat rendah. Selanjutnya tinjauan ekonomi Islam terhadap pengaruh penggunaan credit card terhadap pola konsumsi dalam Islam secara umum sesuai dengan ekonomi Islam karena pihak cardholder masih mampu mengendalikan diri dalam menggunakan kartu kreditnya dan tidak menjadikan kartu kredit sebagai alat hutang serta masih dapat mengendalikan pengeluaran konsumsinya. Namun bagi beberapa card holder ada yang tidak dapat mengendalikan penggunaan credit card nya sehingga cenderung lebih bersifat konsumtif. Keyword: Credit card dan pola konsumsi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 11 Sep 2019 16:08
Last Modified: 11 Sep 2019 16:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item