UMMI NUR FADILLAH (2017) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017991PIPS-E.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017991PIPS-E.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK _2017991PIPS-E.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017991PIPS-E.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017991PIPS-E.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017991PIPS-E.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017991PIPS-E.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017991PIPS-E.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017991PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017991PIPS-E.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017991PIPS-E.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru tentang penerapan pembelajaran konstruktivisme. Pembelajaran konstruktivisme yaitu pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan peserta didik. Guru hanya sebagai mediator dan fasilitator dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran ekonomi materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi kelas XI IPS, sedangkan objek dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran ekonomi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru ekonomi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus P = X 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penerapan pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Kampar adalah Baik dengan hasil 73% yang berada pada posisi 61%-80%. Kata Kunci: Pembelajaran Konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 06:01 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 06:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19382 |
Actions (login required)
View Item |