Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NURUL FALAH PEKANBARU

SHINTA ARI RUKMANA (2017) PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NURUL FALAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017975PAI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017975PAI.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017975PAI.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017975PAI.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017975PAI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017975PAI.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017975PAI.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017975PAI.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017975PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017975PAI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017975PAI.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu bimbingan orangtua sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa bimbingan orangtua yang baik mendasari keberhasilan belajar anak. Akan tetapi, bimbingan orangtua di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru sudah tergolong baik, namun prestasi belajar siswa masih tergolong rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan siswa kelas X sampai kelas XI Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah bimbingan orangtua dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru yang berjumlah 133 siswa. Untuk sampel dalam penelitian ini siswa kelas X dan XI yang berjumlah 66 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru dengan perolehan indeks korelasi 0,395 pada taraf signifikan 5% = 0,250 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,325. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,250<0,395>0,325. Dengan demikian H0 ditolak Ha diterima. Besar pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru hanya 15,6% sedangkan 84,4% di pengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 05:21
Last Modified: 06 Sep 2019 05:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item View Item