NUZUS SAKINAH, 11318204871 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 027 PARITBARU KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif, data dikelompokkan dan dicari rata-rata serta persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods menunjukakan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 55%. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran kooperaif tipe structured dyadic methods hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 07:45 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 07:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19241 |
Actions (login required)
View Item |