Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION

Achmad Ssudarmanto, - (2019) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) merupakan aplikasi komputer berbasis windows yang berguna untuk mengumpulkan data-data nikah dari seluruh kua di wilayah republik indonesia secara ”on-line”,data akan tersimpan dengan aman di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, di kabupaten/kota di kantor wilayah propinsi dan di Bimas islam. SIMKAH beroperasi sejak dikeluarkannya keputusan Direktur Jenderal Binaan Masyarakat Islam DJ.II/ 369 Tahun 2013. Adapun permasalahan yang ada pada SIMKAH yaitu banyak submenu yang tidak digunak, data yang diinput sulit diedit, serta lambatnya pendidtribusian data. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna melalui dua belas instrumen dari lima variabel End User Computing Satisfaction (EUCS) dan diolah menggunakan SPSS.16 untuk menguji validitas dan reabilitas. Serta diolah dengan microsoft Excel kesenjangan, Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) dan diagram Importance Performance Analyst (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata total kesenjangan sebesar -1,056 menunjukkan bahwa kualitas yang ada saat ini belum sesui dengan yang diharapakan. Namun hasil IKP sebesar 71,45%. Yanga artinya pengguna puas atas kinerja SIMKAH yang ada pada saat ini. Hasil diagram IPA menunjukkan indikator yang membutuhkan perbaikan adalah indikator yang berkaitan dengan ketepatan waktu, informasi terbaru, akurasi, dan isi laporan yang sesuai. Serta indikator yang perlu dipertahankan berkaitan dengan user friendly, mudah digunakan serta tampilan yang baik. Kata Kunci: EUCS, IKP, IPA, KUA Microsoft Excel, SIMKAH, SPSS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:13
Last Modified: 03 Sep 2019 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18970

Actions (login required)

View Item View Item