Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

ALFI PUSPA FADHILLAH (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017699PMT.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017699PMT.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017699PMT.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017699PMT.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017699PMT.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017699PMT.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017699PMT.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017699PMT.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017699PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017699PMT.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017699PMT.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Group Design yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 4 6 SMP Negeri 10 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Card Sort terhadap pemahaman konsep matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penulis menggunakan tes”t” dan two way anova untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 3) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal sedang, 4) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Card Sort dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal rendah, 5) Tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap dan VIII. pemahaman konsep matematis. Dengan demikian secara umum strategi pembelajaran aktif Card Sort berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru yang ditinjau dari kemampuan awal dan tidak terdapat interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Kata kunci : Card Sort, Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:58
Last Modified: 26 Aug 2019 04:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item View Item