EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUTHALA’AH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYAM’IYAH SYAFAHIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PEKANBARU

WAHYUDI SAPUTRA ZAINI, (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MUTHALA’AH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYAM’IYAH SYAFAHIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017661PBA.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017661PBA.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017661PBA.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017661PBA.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017661PBA.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017661PBA.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017661PBA.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017661PBA.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017661PBA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017661PBA.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. REFERENSI_2017661PBA.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dimulai dengan merancang perencanaan, kemudian pelaksanaan, observasi dan pengujian pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2016-2017, dengan sampel siswa kelas 1 A1 dan 1 A2. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Muthala’ah Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah efektifitas pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan pengujian pembelajaran. Dari analisis data yang diperoleh, maka peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran Muthala’ah dengan menggunakan metode Syam’iyah Syafahiyah efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Hikmah Pekanbaru. Karena nilai To = 5.41 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01 dengan status istimewa. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:00
Last Modified: 26 Aug 2019 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item