Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

YUNI KARTIKA, 11315201242 (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa MTs Muhammadiyah Penyasawan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 dan VIII4 MTs Muhammadiyah Penyasawan dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa. Penulis menggunakan tes”t” untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal sedang, 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal rendah. Dengan demikian secara umum pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair-Share berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Kata kunci : Think-Pair-Share, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:51
Last Modified: 21 Aug 2019 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item View Item