ATIKA (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) BERVISI SETS (SAINS ENVIRONMENT THECNOLOGY SOCIETY)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017549PK.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017549PK.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017549PK.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017549PK.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017549PK.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017549PK.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017549PK.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017549PK.pdf Download (577kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017549PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017549PK.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017549PK.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan postest dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Bervisi SETS (Scince Environment Technolog Society) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMK Taruna Pekanbaru pada pokok bahasan materi dan perubahannya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas X TAV berjumlah (29 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Bervisi SETS, dan kelas X TSP berjumlah (23 siswa) sebagai kelas kontrol yang hanya diterapkan berupa pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data akhir menggunakan uji t, sehingga diperoleh nilai thitung = 6,67 sedangkan ttable = 1,67 dan menunjukkan bahwa thitung > ttable, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan koefisien pengaruh sebesar 11,7%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan POE (Predict Observe Explain) bervisi SETS dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya pada pokok bahasan materi dan perubahannya di kelas X SMK Taruna Pekanbaru. Kata Kunci: POE, SETS, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:43 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17462 |
Actions (login required)
View Item |