Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Islam Terpadu Yayasan Kesatuan Pendidikan Islam (YKPI) Ittihad Pekanbaru

Hasan Basri (2018) Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru di Sekolah Islam Terpadu Yayasan Kesatuan Pendidikan Islam (YKPI) Ittihad Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi Kerja merupakan kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi ke arah tujuan-tujuan organisasi, atau kemauan seorang pekerja yang ditimbulkan karena adanya pendorong dari dalam diri pekerja Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Motivasi Kerja para guru di suatu organisasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Islam Terpadu YKPI Al-Ittihad. Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan analisis korelasi dengan menggunakan kumputer program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 22 for Windows. Populasi penelitian adalah seluruh guru yang ada pada Yayassan Kesatuan Pendidikan Islam (YKPI) Ittihad Pekanbaru. Sampel berjumlah 86 orang guru yang dipilih secara acak dari seluruh populasi guru Yayasan Kesatuan Pendidikan Islam (YKPI) Ittihad Pekanbaru. data dikumpulkan dengan kuesioner kepemimpinan kepala sekolah (mean = 48,51), kuesinoer lingkungan kerja (mean = 52,60) dan kuesioner motivasi kerja guru (mean = 69,33). Data dianalisa dengan statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi dengan menggunakan kumputer program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, tidak ada hubungan yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, dinilai dari korelasi antara variabel kepemimpianan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja guru (Y) sebesar -0,85. Kedua, ada hubungan yang positif antara lingkungan kerja terhadap motivasi kerja guru, dinilai dari korelasi antara variabel lingkungan kerja (X2) dan motivasi kerja guru (Y) sebesar 0,566. Ketiga, kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi kerja guru (Y), dilihat dari nilai F hitung sebesar 20,784 dimana lebih besar dari nilai F tabel yaitu 3,104 Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi kerja guru secara langsung melalui kepemimpinannya maupun secara tidak langsung melalui peningkatan lingkungan kerja sekolah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: ?? pddk ??
Divisions: ?? MPI ??
Depositing User: Users 14630 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2019 08:42
Last Modified: 21 Jun 2019 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item