Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMA KARYA PENGALIHAN

NUR ROHMAN (2018) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMA KARYA PENGALIHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018177PSI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018177PSI.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018177PSI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018177PSI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018177PSI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018177PSI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018177PSI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018177PSI.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018177PSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018177PSI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018177PSI.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Di sekolah-sekolah sering sekali terjadi masalah kurangnya disiplinan belajar pada siswa, misalnya terlambat datang ke sekolah, tidak membuat PR, tidak membuat tugas yang diberikan, dan bahkan tidak membawa buku pelajaran. disiplin belajar siswa dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah iklim kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklim kelas dengan disiplin belajar pada siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan antara iklim kelas dengan disiplin belajar pada siswa . Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Karya Pengalihan yang berada di Tembilahan yang berjumlah 82 orang yang dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan skala likert yakni untuk disiplin belajar dan iklim kelas. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Product Moment. Hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisien korelasi (0,648) dengan signifikansi 0,000 yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim kelas dengan disiplin belajar siswa SMA Karya Pengalihan, dimana semakin tinggi iklim kelas maka semakin tinggi pula disiplin belajar pada siswa, begitupun sebaliknya semakin rendah iklim kelas maka semakin rendah pula disiplin belajar pada siswa. Sumbangan efektif variabel iklim kelas terhadap disiplin belajar adalah sebesar 0,420 yang berarti variabel iklim kelas memiliki sumbangsih sebesar 42% terhadap variabel disiplin belajar. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : iklim kelas, disiplin belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 21 Jun 2019 04:05
Last Modified: 21 Jun 2019 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item View Item