SITI SOLEKAH (2018) PENERAPAN METODE BRAIN STORMING (SUMBANG SARAN) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 PETALA BUMI KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018930PGMI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018930PGMI.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018930PGMI.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018930PGMI.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018930PGMI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018930PGMI.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018930PGMI.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018930PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018930PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018930PGMI.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018930PGMI.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Metode Brain Storming (Sumbang Saran) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Desa Petala Bumi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari kurangnya aktivitas belajar siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat, siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Penerapan Metode Brain Storming dan Aktivitas Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penilitian dan analisis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode Brain Storming (Sumbang Saran) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat di lihat sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 46,25% dengan kategori “Kurang Tinggi”, karena berada pada rentang 40-55%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I yaitu 53,06% dengan katergori “Kurang Tinggi”. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 83,33% dengan kategori “ Tinggi”. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Brain Storming (Sumbang Saran), dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 06:15 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 06:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13993 |
Actions (login required)
View Item |