Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR

INDRIANI PUTRI (2018) PENGARUH PENAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PERHATIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu penampilan guru dalam mengajar (variabel bebas/variabel X) dan perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih (variabel terikat/variabel Y). Rumusan Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar yang berjumlah 140. Penarikan sampel menggunakan Proportionate Stratifield Random Sampling dengan menarik sample 50 % dari masing – masing kelas yaitu sebanyak 70 siswa dan 1 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi keofisien Kontingensi penghitungan data dilakukan secara manual. Berdasarkan penyajian pengolahan data, diperoleh hasil bahwa Hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini yakni “ada pengaruh penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar” diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan olahan data diperoleh Φ0,623770 dan nilai r tabel product moment pada taraf signifikan 5%= 0,302 sedangkan pada taraf signifikan 1%= 0,232. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 0,302 <0,623770 >0,232. Berdasarkan tabel interpretasi, korelasi kedua variabel ini terletak pada tingkat sedang yakni berada pada rentang interval 0,40 – 0,70. Selanjutnya berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi, maka kontribusi penampilan guru dalam mengajar terhadap perhatian siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar adalah sebesar 38%. Kata Kunci: Penampilan Guru dalam Mengajar, Perhatian Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? pddk ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2019 05:51
Last Modified: 19 Jun 2019 05:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item