Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI STOIKIOMETRI

HAZILAH (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018562PK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018562PK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018562PK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018562PK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018562PK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018562PK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018562PK.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018562PK.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018562PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018562PK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018562PK.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik X Sains sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2017/2018 di kelas X Sains 2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan materi pokok stoikiometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Desain penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 21 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian atau essay dalam bentuk pretest dan posttest dan instrumen memperkuat data yaitu lembar observasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E secara umum telah tercapai pada kategori baik. Indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik yang paling dominan baik kelompok tinggi, sedang, dan rendah yaitu pada indikator memberikan penjelasan sederhana dan indikator terendah yaitu membuat penjelasan lanjut. Hasil wawancara peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik merasa tertarik dengan model pembelajara Learning Cycle 5E. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis, Stoikiometri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:52
Last Modified: 08 Jul 2019 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13095

Actions (login required)

View Item View Item