MELVA WAHYUNI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ASPEK MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018561PMT.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018561PMT.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018561PMT.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018561PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018561PMT.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018561PMT.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018561PMT.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018561PMT.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018561PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018561PMT.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018561PMT.pdf Download (338kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa ditinjau dari aspek minat belajar matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kampar tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan KPMM siswa yang diajarkan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung, jika ditinjau dari minat terdapat perbedaan KPMM siswa yang diajarkan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari aspek minat belajar matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kampar. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions, Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 06:50 |
Last Modified: | 06 May 2019 06:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13094 |
Actions (login required)
View Item |