HIDAYATI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018547PMT.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018547PMT.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018547PMT.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018547PMT.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018547PMT.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018547PMT.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018547PMT.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018547PMT.pdf Download (740kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018547PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018547PMT.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018547PMT.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Islamic Centre Al-Hidayah Kampar tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah (two way anova) dan uji lanjutan (pos hoc) dengan uji scheffe. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) = > 4,058, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kemudian berdasarkan uji Scheffe, F = > F = 2,42, yang berarti bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model Reciprocal teaching lebih baik dari pada belajar menggunakan pembelajaran konvensional . 2) = 128,76 > =, 3,188, yang bererti bahwa terdapat pengaruh pengetahuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. 3) > , dimana 4,21 > 3,188, yang berarti terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika. Kata kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 May 2019 03:44 |
Last Modified: | 02 May 2019 03:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13043 |
Actions (login required)
View Item |