Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KAMPAR

HIDAYATI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018547PMT.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018547PMT.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018547PMT.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018547PMT.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018547PMT.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018547PMT.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018547PMT.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018547PMT.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018547PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018547PMT.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018547PMT.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Islamic Centre Al-Hidayah Kampar tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah (two way anova) dan uji lanjutan (pos hoc) dengan uji scheffe. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) = > 4,058, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kemudian berdasarkan uji Scheffe, F = > F = 2,42, yang berarti bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model Reciprocal teaching lebih baik dari pada belajar menggunakan pembelajaran konvensional . 2) = 128,76 > =, 3,188, yang bererti bahwa terdapat pengaruh pengetahuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. 3) > , dimana 4,21 > 3,188, yang berarti terdapat interaksi antara model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika. Kata kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 May 2019 03:44
Last Modified: 02 May 2019 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item