Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

RAISA SHAHILLA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kekuatan sentral dalam merumuskan konsep dan strategi matematika serta menjadi modal dalam menyelesaikan, mengeksplorasi, dan menginvestigasi matematika. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan memperhatikan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Mandau. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan angket untuk mengukur kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan uji Anova Dua Arah dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TGT dan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional serta tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dan faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Teams-Games-Tournaments, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Kuasi Eksperimen, SMP, Anova Dua Arah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:27
Last Modified: 25 Apr 2019 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item