OVI TRISNAWITA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018421PMT.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018421PMT.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018421PMT.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018421PMT.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018421PMT.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018421PMT.pdf Download (757kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018421PMT.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018421PMT.pdf Download (916kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018421PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018421PMT.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018421PMT.pdf Download (476kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan komponen dasar dari kemampuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan memperhatikan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pekanbaru. Model pembelajaran Course Review Horay dipilih karena model tersebut membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik melalui diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Faktorial Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji tes untuk semua hipotesis. Berdasarkan uji tes yang dilakukan untuk hipotesis 1, 2 dan 3 diperoleh hitung tabel, artinya diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model Course Review Horay dengan kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen lebih baik dari ratarata skor kelas kontrol. Sedangkan untuk hipotesis 4 diperoleh hitung tabel, artinya ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model Course Review Horay dengan kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan rata-rata skor sama untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas Kata kunci: Course Review Horay, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar Siswa, Eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 04:43 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 04:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12852 |
Actions (login required)
View Item |