Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

NIRWANA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ini akan berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa, karena kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis adalah melalui penerapan model pembelajaran Pair Check, karena model ini memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan pasangannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kemampuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 36 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1)dan maka nilai artinya diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaankemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Pair Check dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan 2)dan =3,14, maka nilai yang berarti ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Pair Check dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Kata kunci : Model Pembelajaran Pair Check, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:27
Last Modified: 24 Apr 2019 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12846

Actions (login required)

View Item View Item