RAEN FIQLI AFDAL (2018) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018376PAI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018376PAI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018376PAI.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018376PAI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018376PAI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018376PAI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018376PAI.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018376PAI.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018376PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018376PAI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018376PAI.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Disiplin belajar memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa. Siswa yang memiliki disiplin belajar yang tinggi akan meraih prestasi belajar yang baik. Sekolah dan guru bidang studi telah menetapkan aturan belajar bagi siswa. Kenyataannya ketika observasi ke lapangan, siswa memiliki disiplin belajar yang rendah dari gejala yang ditemukan, namun prestasi belajar siswa sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin belajar siswa, prestasi belajar siswa dan hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru ?, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru ?, 3) Apakah ada hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin dari 12 kelas yang berjumlah 383 orang. Penelitian ini mengambil sampel 20% dengan teknik Proportione Stratified Random Sampling, artinya mengambil responden setiap kelas secara acak untuk dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (r hitung) sebesar 0,308. Sedangkan nilai r tabel df 70 adalah sebesar 0,232 (signifikan 5%) dan 0,302 (signifikan 1%). Karena r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,232<0,308>0,302), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa rata-rata 77,78% dengan kategori tinggi. Sedangkan prestasi belajar siswa rata-rata 83,18 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 04:51 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 04:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12804 |
Actions (login required)
View Item |