KHAIRUL BASYAR (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMK/SMA/MA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER SKRIPSI_2018259PMT.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018259PMT.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018259PMT.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018259PMT.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018259PMT.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018259PMT.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018259PMT.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018259PMT.pdf Download (694kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018259PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018259PMT.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018259PMT.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal konsep matematis sehingga berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa yang masih rendah dan belum adanya pendekatan pembelajaran yang dapat menangani permasalahan mengenai Pemahaman Konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe sand a problem terhadap pemahaman konsep matematis siswa dan interaksi pendekatan pembelajaran kooperatif tipe sand a problem terhadap pemahaman konsep matematis berdasarkan kemampuan awal siswa SMK/SMA/MA di Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Subyek penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa untuk kelompok eksperimen dan 30 siswa untuk kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik Random sampling pada siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan tes uraian untuk mengukur kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t, pearson product moment dan anova dua arah (two factorial design). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Sand A Problem dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung dan ttabel 2,00. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung dan ttabel 2,00. 3) Adanya kontribusi yang rendah yang di berikan KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yakni dan sisanya 47,46% di tentukan oleh variabel lain. 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Sand A Problem ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata kunci : Sand A Problem, Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 07:21 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 07:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12537 |
Actions (login required)
View Item |