ANWAR SIDIK (2018) ERROR ANALISIS BERBAHASA PADA PENULISAN ABSTRAK SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018212PBA.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018212PBA.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018212PBA.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018212PBA.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018212PBA.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018212PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018212PBA.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018212PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018212PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018212PBA.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018212PBA.pdf Download (944kB) | Preview |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan berbahasa pada penulisan abstrak skripsi mahasiswa pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau (skripsi tahun 20152016). Adapun desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi resmi. Pada penelitian ini peneliti menganalisis kesalahankesalahan sintaksis, morfologi, dan orthografi dilakukan dengan tiga tahap. Pertama, Mengindentifikasi kesalahan. Kedua, mengklasifikasikan kesalahan. Ketiga, membenarkan kesalahan. Keempat, menjelaskan kesalahan. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, kesalahan- kesalahan sintaksis yaitu: penggunaan dhamir, huruf jar, ta’rif dan tankir, tarkib isnadi, tarkib idhafi, tarkib washfi, tarkib athfi, adat dan jawab syarat, kana dan akhwatuha, inna dan akhawatuha dengan jumlah 281 kesalahan (68,03%). Kedua, kesalahan- kesalahan morfologi dengan jumlah 73 kesalahan (21,06 %) yang lebih sedikit dari pada kesalahan- kesalahan sintkasis, dimana para mahasiswa salah pada penggunaan tashrif fi’il dan penggunaan fi’il berdasarkan masanya. Ketiga, Kesalahan- kesalahan orthografi dengan jumlah 45 kesalahan (10,89%) yang lebih sedikit dari pada kesalahankesalahan morfologi, dimana para mahasiswa salah pada penulisan hamzah washl dan hamzah qath’. Di antara faktor-faktor kesalahan-kesalahan berbahasa pada penulisan abstrak skripsi mahasiswa pendidikan bahasa Arab, yaitu: 1- Lemahnya penguasaan qawaid sintaksis, morfologi, orthografi dan penggunaan kosa kata. 2- Minimnya membaca dan mengulangi tulisan yang telah mereka tulis. 3- Minimnya merujuk kepada kamus Arab. Keyword: Error Analisis, Abstrak Skripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 08:39 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 08:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12487 |
Actions (login required)
View Item |