IRA FITRI AYU (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER-2018145PIPS-E.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN-2018145PIPS-E.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK-2018145PIPS-E.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN-2018145PIPS-E.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI-2018145PIPS-E.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I-2018145PIPS-E.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II-2018145PIPS-E.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III-2018145PIPS-E.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV-2018145PIPS-E.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V-2018145PIPS-E.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA-2018145PIPS-E.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dengan gejala-gejala yaitu masih terdapat siswa yang belum mencapai nilai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitaitif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan objek penelitian ini adalah pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada Mata Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS kelas XI SMA Muhammadiyah 1 yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan teknik total sampling, karena seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Hal ini dilihat dari rhitung > rtabel (0,227<0,687 >0,296). Persentase sumbangan pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 47,2% sedangkan sisanya sebesar 52,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Ekonomi, dan Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 04:12 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 04:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12410 |
Actions (login required)
View Item |