Hasna Baiti (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 010 Tualang Kabupaten Siak , penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya Sebagian siswa ada yang memperoleh nilai di bawah ketuntasan minimal yang di tetapkan ketika di lakukan ulangan harian, siswa ada yang merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru, hal initerlihat ketika di lakukan pos test sebagian besar siswa tiak bisa menjawab pertayaan yang di berikan,dan nilai raport sebagian siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam hasil belajar siswa masih mencapai rata-rata 61,3 atau belum mencapai nilai kreteria ketuntasan minimal yang telah di tentukan di Sekolah Dasar Negeri 010 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 010 Tualang Kabupaten Siak dengan pembelajaran model langsung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, berdasrkan hasil observasi sebelum tindakan ketuntasan klasikal hanya 33%,setelah ada perbaikan pada siklus I, maka terjadi peningkatan menjadi 45%,namun angka ini belum mencapai nilai keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75% setelah di lakukan kembali perbaikan pada siklus II, maka hasil belajar siswa meningkat dengan mencapai ketuntasan klasikal 92%, artinya angka ini telah melebihi angka keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75%. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi energi panas dan bunyi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 20:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 20:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6002 |
Actions (login required)
View Item |