NURFADHILAH, . 11311203946 (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH YLPI KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keterampilan memberi penguatan oleh guru (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependent atau variabel Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan memberi penguatan oleh guru, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan memberi penguatan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.Subjek dalam penelitian ini 87 siswa Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Objek penelitian ini adalah keterampilan memberi penguatan oleh guru dan motivasi belajar Akidah Akhlak siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik analisis data untuk rumusan masalah yang pertama dan kedua menggunakan deskriptif persentase, sedangkan untuk rumusan masalah yang ketiga menggunakan korelasi product moment.Dari analisis data dapat dilihat bahwa keterampilan memberi penguatan oleh guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu berada pada kategori “kuat” dengan persentase 68,07% melalui rekapitulasi hasil angket dan motivasi belajar siswa berada pada kategori “kuat” dengan persentase 75,83% melalui rekapitulasi hasil angket. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment dapat diketahui bahwa ada pengaruh keterampilan memberi penguatan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Dengan perolehan angka indeks yang diperoleh dari rhitung0,396 lebih besar dari rttabeluntuk sampel 87 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,217 dan pada taraf 1% sebesar 0,283. Dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan keterampilan memberi penguatan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Kata Kunci: Pengaruh, Keterampilan Memberi Penguatan, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 03:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21443 |
Actions (login required)
View Item |