Mesi Arisandi (2018) KONSEP METODE AMONG KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018216TMPI_COVER.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018216TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018216TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018216TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018216TMPI_ABSTRAK.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018216TMPI_BAB I.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018216TMPI_BAB II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018216TMPI_BAB III.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
9. 2018216TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
|
Text
10. 2018216TMPI_BAB V.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018216TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Ki Hajar Dewantara menerapkan tiga semboyan pendidikan yang menunjukkan kekhasan Indonesia, yakni pertama Ing Ngarsa Sung Tuladha, kedua Ing Madya Manun Karsa, Ketiga Tut Wuri Handayani. Metode pendidikan yang cocok di Indonesia adalah yang sepadan dengan makna “paedagogik” yakni Momong, Among dan Ngemong, yang bearti bahwa pendidikan itu bersifat mengasuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembentukan Karakter Siswa dan relevansinya di Era Teknologi Informasi. Rumusan Masalah Bagaimana Konsep Metode Among Ki Hajar Dewantara dalam Pembentukan Karakter Siswa dan Relevansi Metode Among Ki Hajar Dewantara Di Era Teknologi Informasi.Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (Library Risearch), Data primer adalah buku yang berhubungan langsung dengan Ki Hajar Dewantara: buku yang berjudul Karya Ki Hadjar Dewantara. Proses analisis data menggunakan content analisys, yakni pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran Ki Hajar Dewantarayang kemudian dideskripsikan dan dibahas. Hasil penelitian diketahui bahwa pendidikan dengan Metode Among Ki Hajar Dewantaraakan melahirkan manusia beriman dan bertaqwa, merdeka lahir dan batin, budi pekerti luhur, cerdas dan berketrampilan, serta sehat jasmani dan rokhani agar menjadi anggota masyarakat yang mandiri dan bertanggung jawab atas kesejahteraan tanah air. teknologi yang semakin berkembang dan mengikat disegala aspek kehidupan masyarakat yang mau tidak mau teknologi harus kita terima. Sistem among penting dilaksanakan dalam pendidikan karena guru sebagai pamong berperan mendampingi siswa dalam mengikuti perkembangan zaman agar anak didik tidak mudah terpengaruh dengan budaya negatif di Era Tekologi Informasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 09:04 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 09:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20514 |
Actions (login required)
View Item |