Darmaiyah (2018) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan hasil Belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Propinsi Riau. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018212TMPI_COVER.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018212TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018212TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018212TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018212TMPI_ABSTRAK.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018212TMPI_BAB 1.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018212TMPI_BAB 2.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018212TMPI_BAB 3.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
9. 2018212TMPI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
||
|
Text
10. 2018212TMPI_BAB 5.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018212TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Kepala sekolah mempunyai peran sebagai supervisor dalam pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya, dengan demikian tanggung jawab supervisi pembelajaran terutama di tangan kepala sekolah, meskipun dalam pelaksanaannya kepala sekolah dapat mendayagunakan personil sekolah yang lain, namun sering kali kepala sekolah tidak melaksanakan tugasnya sebagaimana mestinya yang pada akhirnya berimbas pada menurunnya mutu pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang (1) bagaimana kepala sekolah merencanakan supervisi pembelajaran (2) bagaimana kepala seekolah melaksanakan supervisi pembelajaran (3) bagaimana kepala sekolah menindaklanjuti hasil supervisi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menemukan tentang (1) kondisi yang sebenarnya peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembelajaran (2) faktor-faktor pendukung dan penghampat (3) upaya-upaya yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembelajaran belum terlaksana sesuai dengan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah yang salah satunya adalah kompetensi supervisi. Kepala SMP Negeri di kecamatan Enok, belum melakukan perencanaan supervisi, hal ini bisa dilihat dari tidak adanya jadwal pelaksanaan supervisi, dan format-format instrument supervisi seperti lembar observasi, daftar pertanyaan, lembar penilaian dan lembar rekapitulasi hasil supervisi. Pelaksanaan supervisipun belum dilaksanakan, indikasinya adalah tidak pernah diadakan supervisi kunjungan kelas dan observasi kelas. Tindaklakjut supervisi pembelajaran juga belum dilaksanakan, kepala sekolah belum melakukan review rangkuman hasil penilaian. Adapun factor pendukungnya adalah kualifikasi pendidikan guru mayoritas S.1, lingkungan sekolah berada dalam satu kompleks yang kondusif dan factor penghambatnya adalah kurangnya waktu yang dimilki kepala sekolah dan kurangnya pengetahuan tentang supervisi pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan adalah penyamaan visi misi dan membentuk organisasi guru MGMP
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 08:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 08:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20507 |
Actions (login required)
View Item |