RAHINAH, 11318202034 (2017) PENERAPAN STRATEGI AKTIF TIPE KOMUNITAS PEMBELAJARAN KELAS 2-4-8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 009 KUALA LEMANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (467kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini terbukti bahwa terdapat 18 orang siswa dari 32 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 009 Kuala Lemang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir melalui penerapan strategi aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 009 Kuala Lemang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 63,12 dengan ketuntasan klasikal 43,75%. Kemudian setelah menerapkan strategi aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 73,44 dengan ketuntasan klasikal 68,75%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 83,29 dengan ketuntasan klasikal 90,63%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi aktif tipe komunitas pembelajaran kelas 2-4-8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 009 Kuala Lemang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 07:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 07:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19047 |
Actions (login required)
View Item |