Sunariah (2018) Sistem Managemen Evaluasi Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Di Sekolah Dasar Islam Hang Nadim Malay School Batam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201895TMPI_COVER.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201895TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201895TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201895TMPI_DAFTAR 1SI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201895TMPI_ABSTRAK SUNARIAH.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201895TMPI_BAB I.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201895TMPI_BAB II.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201895TMPI_BAB III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text
9. 201895TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
||
|
Text
10. 201895TMPI_BAB V.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201895TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia telah banyak dilakukan oleh pemerintah, diantaranya menetapkan regulasi tentang kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan aspek-aspek pendidikan yang lainnya. Untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas, diperlukan suatu upaya yang sungguh-sungguh dari segenap pengelola pendidikanterutama tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Di Sekolah Dasar Islam Hang Nadim Malay School Batam, dari gejala-gejala yang diobservasi manajemen kinerja pendidik dan tenaga kependidikan telah dilakukan, namun sistem manajemen evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah tersebut masih perlu dimaksimalkan lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem managemen evaluasi kinerga tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Islam Hang Nadim Malay School Batam serta faktor pendukung sistem managemen evaluasi tersebut dan faktor penghambatnya. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut, maka penulis menggunakan instrument penelitian berupa teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik wawancara dimaksudkan untuk menggali informasi terkait dengan sistem manajemen evaluasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Islam Hang Nadim Malay School dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat sistem manajemen evaluasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tersebut. Teknik wawancara dimaksudkan untuk menggali informasi terkait dengan sistem manajemen evaluasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Islam Hang Nadim Malay School dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat sistem manajemen evaluasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tersebut. Teknik wawancara dilakukan dengan kepala sekolah dan guru. Teknik dokumentasi dimaksudkan untuk melengkapi data penelitian berupa dokumen yang diperlukan untuk menunjang informasi tentang sistem manajemen evaluasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan adalah ; bahwa sistem manajemen evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan ditetapkan berdasarkan standar kinerja organisasi. Sebagai salah satu organisasi yang memberikan pelayanan jasa pendidikan anak, berdasarkan data di lapangan bahwa sejak 2016 di Sekolah dasar Islam Hang Nadim Malay School Kota Batam telah diterapkan penilaian kinerja (Performance Appraisal) bagi setiap tenaga pendidik dan tenaga kependidikannya. Penilaian kinerja (Performance Appraisal) tersebut dilakukan melalui pertemuan mingguan, pertemuan bulanan dan pertemuan tahunan antara Kepala Sekolah atau (Managing Director) dengan guru (tenaga pendidik) serta karyawan (tenaga kependidikan). Penilaian kinerja tersebut juga dilakukan melalui aktivitas observasi rutin setiap hari terhadap pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Faktor penunjang terhadap sistem manajemen evaluasi adalah sarana dan prasarana yang cukup serta ditunjang oleh sumber daya manusia yang sudah bagus, sedangkan yang menjadi penghambat sistem manajemen evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan si Sekolah ix dasar Islam Hang Nadim Malay school Batam boleh dikatakan tidak ada karena seluruh elemen sumber daya manusia bekerja dengan tugas pokok dan fungsinya.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 09:47 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 09:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17289 |
Actions (login required)
View Item |