Nurmala (2018) MODEL PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201883TPAI_COVER.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201883TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201883TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201883TPAI_DAFTAR 1SI.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201883TPAI_ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201883TPAI_BAB I..pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201883TPAI_BAB II..pdf Download (724kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201883TPAI_BAB III.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
9. 201883TPAI_BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
|
Text
10. 201883TPAI_BAB V.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201883TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
K.H. Ahmad Dahlan merupakan tokoh pendiri Muhammadiyah yang telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional, sosok visioner yang telah memberi kontribusi besar dibidang pendidikan Islam di Indonesia. Pemikiran dan pandangannya yang brilliant terbukti mampu menciptakan suatu model pendidikan yang tetap eksis dan relevan untuk diterapkan pada dunia pendidikan sampai zaman modern sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pendidikan K.H.Ahmad Dahlan. Rurnusan Masalah Bagaimana Model Pendidikan dalam perspektif K.H.Ahmad Dahlan, yang akan dibahas disini adalah model institusi atau lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh K,H,Ahmad Dahlan. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan (Library Risearch), Data primer adalah buku yang berhubungan langsung dengan model pendidikan K.H. Ahmad Dahlan yaitu : buku yang berjudul Modernisasi Pendidikan Islam karya Mu’arif dan buku yang berjudul Islam Berkemajuan Kisah K.H. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Masa Awal karya Kyai Syuja. Proses analisis data menggunakan content analisys, yakni pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran K.H. Ahkmad Dahlan yang kemudian dideskripsikan dan dibahas. Hasil penelitian diketahui bahwa K.H.Ahmad Dahlan telah berhasil menyelenggarakan model pendidikan baru pada masanya, dimana pada saat itu berkembang dualisme pendidikan yaitu pendidikan umum modern yang diselenggarakan oleh imperialisme Belanda dan Pondok pendidikan Islam tradisional. K.H.Ahmad Dahlan melakukan terobosan dengan menciptakan model pendidikan tersendiri yaitu mengintegrasikan antara pendidikan Islam tradisional dengan pendidikan umum yang modern. Sehingga dari hasil pendidikan yang di ciptakan tersebut muncul alumni yang selain memiliki intelektual tinggi dibidang pengetahuan umum, juga menjadi sosok yang taat pada agamanya. Model pendidikan yang ditawarkan oleh K.H. Ahmad Dahlan dapat dilihat dari tujuan pendidikan, kurikulum , metode, dan model pendidikan yang dilaksanakan di lembaga pendidikan yang didirikan oleh K.H.Ahmad dahlan tersebut.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 04:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2019 04:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17047 |
Actions (login required)
View Item |