RITA YULIA PUTRI (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA PADA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018926KI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018926KI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018926KI.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018926KI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018926KI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018926KI.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018926KI.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018926KI.pdf Download (743kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018926KI.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018926KI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018926KI.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektifitas Teknik Sosiodrama pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Toleransi Beragama Siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen pre-test dan postest design. Subjek penelitian ini adalah Toleransi Beragam Siswa dan Objek penelitian ini adalah Efektifitas Teknik Sosiodrama pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Toleransi Beragama Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Telekom Pekanbaru. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, Observasi, Angket, dan Dokumentasi. Populasi penelitian Ini sebanyak 125 orang siswa yang terdiri dari empat kelas XI TKJ 1, XI TKJ 2, XI AK/ADP, dan XI TKR/TSM, sedangkan Sampel diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak 30 orang siswa, analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman Toleransi Beragama Siswa sebelum diberikan teknik sosiodrama pada layanan bimbingan kelompok sebesar 47.9% berada pada kategori rendah, sedangkan Toleransi Beragama Siswa sesudah diberikan Layanan dengan menggunakan teknik Sosiodrama sebesar 65.83% berada pada kategori tingkat sedang, hasil diperoleh z sebesar -4.787 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0.000. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan pemahaman toleransi beragama siwa di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Kata Kunci: Teknik Sosiodrama, Pemahaman Toleransi Beragama Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 06:03 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 06:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13985 |
Actions (login required)
View Item |