MISTA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEA PARTY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018731PGMI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018731PGMI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018731PGMI.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018731PGMI.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018731PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018731PGMI.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018731PGMI.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018731PGMI.pdf Download (666kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018731PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018731PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018731PGMI.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, diantaranya: siswa kurang termotivasi untuk menyelesaikan soal yang diberikan guru dan siswa kurang serius dalam mengikuti proses pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tea party dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebelum tindakan diperoleh persentase 51.6%, pada interval 40%-55% dengan kategori “Kurang Baik”. Setelah dilakukan tindakan penelitian pada siklus I motivasi belajar siswa secara keseluruhan meningkat menjadi 68.5%, pada interval 56%-75% dengan kategori “Baik”. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 87.3%, pada interval 76%-100% dengan kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party, Motivasi Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 06:25 |
Last Modified: | 28 May 2019 06:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13418 |
Actions (login required)
View Item |