DEDE SAPUTRA (2018) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018574PAI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018574PAI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018574PAI.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018574PAI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018574PAI.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018574PAI.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018574PAI.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018574PAI.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018574PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018574PAI.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018574PAI.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Teknik penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan uji korelasi dengan menggunakan SPSS versi 16.0.Diperoleh nilai sebesar 0,229 dengan nilai probabilitas 0,003. Oleh karena itu p < 0,05 (0,003<0,05) maka diterima dan ditolak.Hal ini dibuktikan juga oleh uji korelasi dengan nilai sebesar 0,229 lebih besar dari pada taraf signifikan 5% = 0,213% atau (0,229>0,213). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square adalah 0,053. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap pemahaman siswa sebesar 5,3%, sedangkan sisanya sebesar 94,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 May 2019 07:34 |
Last Modified: | 06 May 2019 07:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13107 |
Actions (login required)
View Item |